Mengenai Saya

Foto saya
Tenggarong, Kalimantan Timur, Indonesia
Rafflesia Arnoldi merupakan salah jenis tanaman langka yang hanya tumbuh di kawasan Sumatra bagian selatan, terutama di Provinsi Bengkulu. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Bengkulu pada tahun 1818, oleh seorang letnan dari Inggris, yang pada saat itu tengah menjabat sebagai Gubernur Bengkulu, Thomas Stamford Raffles dan Dr. Arnoldy, seorang ahli botani.

Rabu, 08 Desember 2010

Tentang Atom

Atom

Tahukah kalian tentang atom?
mari plajari....
      Atom berasal dari kata Yunani Atomos yang berarti 'tak terpecahkan'.
Secara ilmiah konsep atom dikembangkan John Dalton pada awal abad ke – 19 sebagai sebutan generik untuk zat yang paling dasar dari suatu materi. Atom inilah penyusun dasar dari suatu molekul, senyawa dan sejumlah materi kompleks.
      Alam semesta-termasuk tumbuhan, hewan dan manusia – sesungguhnya tersusun atas ratusan ribu hingga jutaan jenis materi. Materi-materi itu, jika dipreteli akan merupakan kombinasi dari atom-atom, yang jumlah jenisnya dipercaya telah mencapai 109. Dari jumlah itu 92 atom merupakan materi alam, 17 atom lainnya merupakan materi buatan. Satu diantara unsur buatan baru ditemukan para fisikawan tahun 1995 di Amerika. Belum diberi nama, unsur padat itu ditemukan dari hasil reaksi pendinginan pada suhu nol mutlak (-273 derajat Celcius).
      Anggapan bahwa atom merupakan bola kecil yang kompak dan tidak dapat dipecahkan lagi menjadi partikel yang lebih sederhana ternyata tidak benar. Penemuan keradioaktifan oleh Antonie Henri Becquerel sekitar ratusan tahun lalu telah membukikan bahwa atom tersusun atas partikel-partikel yang lebih kecil lagi yaitu elektron (ditemukan oleh Joseph John Thomson), proton (ditemukan oleh Ernest Rutherford) dn neutron (ditemukan oleh James Chadwick).
      Satu atom, menurut ilmu kimia, terstruktur atas inti atom yang terdiri dari proton (bermuatan positif) elektron (yang bermuatan negatif) dan neutron (netral), serta elektron yang bermuatan negatif dan beredar mengelilingi inti dalam lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit dan orbital atom. Jumlah proton=jumlah elektron (karena bobot atom bersifat netral) menunjukkan nomor atom. Jumlah proton/elektron + neutron menunjukkan bobot atom.
       Karena pengaruh luar, atau ‘rangsangan’ dari dalam, jumlah elektron dalam kulit atom dapat bertambah atau berkurang. Bila elektron bertambah, atom tersebut akan bermuatan negatif disebut anion. Sebaliknya, bila jumlah elektronnya berkurang, atom itu akan bermuatan positif, disebut kation. Adanya kation dan anion inilah yang mengakibatkan terjadinya reaksi kimia. Reaksi-reaksi kimia inilah yang antara lain mengakibatkan perubahan dan aktifitas ‘kehidupan’ di alam semesta.



 by_Selva Rahmadhayanti
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar